Spiritual Reflections

Kita tidak melihat hal-hal sebagaimana adanya, kita melihat hal hal itu sebagaimana keadaan kita

Hubungan Intim Saat Haid Apakah Bahaya?

Posted by admin On January - 11 - 2007  Email This Post Email This Post    | 

Website ini dibiayai dari donasi para pengunjung.
Terima kasih atas partitipasinya.

Reading time: 1 – 2 minutes

Pada saat menstruasi, disarankan bagi seorang perempuan untuk tidak melakukan hubungan seksual. Rahim seorang perempuan yang sedang menstruasi berisi luruhan lapisan endometrium yang terdiri dari darah dan sel-sel kelenjar endometrium. Sehingga bila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual maka ada beberapa risiko yang mungkin terjadi.

Yang pertama adalah risiko terjadinya infeksi organ reproduksi. Pada saat menstruasi karena adanya darah yang turut keluar, mengundang datangnya kuman-kuman, karena kuman sangat menyenangi darah sebagai media pertumbuhan mereka. Saat melakukan hubungan seksual, terjadi friksi-friksi pada dinding vagina yang memungkinkan terjadinya luka atau lecet pada dinding vagina.

Dengan adanya luka atau lecet tersebut, kuman yang jumlahnya sedang meningkat mudah masuk ke organ reproduksi kita dan menyebabkan infeksi organ reproduksi yang nantinya akan menyebabkan berbagai keluhan termasuk ketidaksuburan.

Yang kedua adalah risiko terjadinya endometriosis. Pada saat melakukan hubungan seksual, apalagi jika mengalami orgasme, terjadi kontraksi dari organ-organ reproduksi kita, termasuk rahim. Kontraksi tersebut mendorong darah menstruasi masuk ke rongga perut melalui tuba atau saluran telur kita.

Darah yang mengandung sel-sel endometrium yang telah masuk ke rongga perut atau tuba dapat tumbuh dan memperbanyak diri di tempat tersebut dan ikut memproduksi darah pada saat menstruasi selanjutnya. Hal inilah yang disebut endometriosis. Hal ini dapat mengurangi kesuburan kita, apalagi bila menutupi saluran telur.

Dengan kedua risiko di atas, maka sangat tidak disarankan bagi seorang perempuan untuk melakukan hubungan seksual saat terjadi menstruasi.

Did you find this information helpful? If you did, consider donating.

Share/Bookmark

44 Responses to “Hubungan Intim Saat Haid Apakah Bahaya?”

  1. hokuto says:

    baru tahu gw..guna banget ni 6-10 thn ke depan

  2. sinta says:

    saya sering sekali melakukan hubungan intim dgn suami saat mens.dan selalu mendapatkan orgasme berdua,apakah saya beresiko kena infeksi radang panggul?karna akhir2 ini saya sering merasakan nyeri di atas tulang ekor saya.mohon bantuannya.terima kasih banyak :cry:

  3. desi says:

    saya juga ampir sama keluhannya dengan sinta, saya waktu mens dah beberapa kali melakukan hubungan intim dengan pasangan saya nah akhir-akhir ini saya kalo duduk berasa sakit dekat tulang ekor pantat saya kenapa yah?

    • sandra says:

      hai Doc….umur saya 23 th….saya juga pernah melakukan hubungan saat menstruasi,setelah itu timbul sakit di pingang saya dan di bagian perut saya juga terasa sangat sakit.
      dan di vagina saya juga sangat kering…..bagaimana dok????maaf kalau bahasa indo saya gak jelas.thank’s

  4. vI2e_dUnKzZz says:

    tp gw jg prnh baca tntang brhbungan intim pd saat haid dan itu ga da msalah sma skali . . .
    ini yg bner yg mana seh ????? :sad: :sad: :sad:
    duhh, jd bngung gw :!: :?: :?:
    msalahny gw jg prnh mlakukn hbungan intim brbrapa kali pd saat haid…
    please,,, ksih tau mna yg bner downg !!!!!

    • nadin says:

      yanng pernah saya dengar itu berhubungn intim ketika haid itu tidak baik untuk kesehatan vagina kita. yg dimana telah dijelaskan diatas dan didalam alquran juga dilarang untuk berhubungan intim ketika haid itu sama saja dengan berzina itu yg aku ketahui…
      mohon apabila ada kata yg salah….

  5. nevista says:

    Yup, emang berhubungan saat haid itu ga boleh. dalam agama saya hal itu dijelaskan dalam AlQuran yang menyatakan bahwa tidak boleh melakukan hubungan seksual dalam keadaan haid terutama senggama tapi kalo sekedar mencium boleh-boleh saja…

  6. Maliqz says:

    Syukron buat infony!Jazakillah! :lol:

  7. Linda says:

    Heuk2… Blh2 aj ko..

  8. Inki says:

    Apa gak jij!k ama darah ha!d? K!ta kan blh brsabar dulu.. Nanti kalau dah bers!h baru berhubungan lagi..

  9. Angela says:

    Very useful information. I think it is useful for many people. Thank you for your blogs.

  10. Nikiyaz says:

    hum…..makasih infonya ya…
    bantu banget…
    lebih baik mencegah sebelum terlambat…
    sabar aja deh, 7 hari ngak lama toh..

  11. eNy says:

    saya prnh satu kali melakukan hub sex saat haid,,skrng saya telat haid sudah 2 minggu,,tapi suami saya tidak mengalami orgasme didalam,,ap itu salah satu dari akibat melakukan hub sex saat haid???
    mohon d’jawab. . .
    mksh

  12. doni says:

    thanks infonya ya

  13. tutut says:

    waduhh……..buahaya juga?bisa2 ga punya anak kelau ky gtu y?

  14. linda arismawati says:

    apakah boleh berhubungan intim saat haid hampir selesai..karena kadang setelah 5 hari haid saya tidak ada lagi..tapim begitu saya berhubungan di hari ke 6,ada sedikit bercak darah..apakah ini membahayakan kesehatan?apa bisa terjadi kehamilan dan bagaimana kondisi janin..TQ

  15. wiana says:

    knapa pasangan q waktu menembus dindigng..
    keluar darah banyak banget….lebih dari waktu M…

  16. Vhe says:

    iiihhh…ngeri…

  17. aini nst says:

    mksh y info ny,,,,,,,,,,,

  18. sf says:

    saya pernh melakukan hunbungn intim saat pertama haid karna tidak tau.apakah itu mash bahaya.darahnya haid yg keluar blm bnyk..

  19. iyu says:

    wah.wah.wah.. Kayaknya mending, di salurin ke tetangga aja ne, klo istri gue lagi m..

  20. erma says:

    saya ud mens 10 hari,kemudian darah nya ud ga ada. trs saya berhubungan,ternyata keluar darah byk bgt,gmn donk apakah membahayakan diri saya,apakah saya masih punyA kesempatan punya anak.?????????/////

  21. larra says:

    kalo kita ngelakuin hubungan sex di hari ke 6 pada masa haid, itu bisa hamil gak??
    tapi pada saat itu masih banyak darah yang keluar…
    kapan sih sebaiknya melakukan hubungan sex yang baik agar bisa cepat mendapat keturunan??
    tolong di jawab ya..
    tq…

    • kadek ayu says:

      stiap org tau klo masa subur t 10 hari stlh haid..t relatif.
      Yg plng tpt brhubungn biar cpt hamil t di hitung dari haid pertama..hari ke 16,17 tu lah yg paling tpt tuk brhubungan..krn dstulah ms subur wanita..

  22. ayu says:

    yg bener yg mana c…
    barusan bca klo brhubungan intim saat menstruasi itu ga da mslah dan darah yg kluar saat mens itu bukan darah kotor,,,
    jadi bingung hrus gmn dan baiknya gmn,,,???
    tlong beri penjelsan yg benar…

  23. Henny says:

    Saya juga prnh melakukan hubungan seks saat mens.. Bhkan lebih dr 2 kali..
    Apa benar akan menyebabkan ketidak suburankrna sudah brp kli saya brhubungan dgn psngn saya..saya belum juga hamil..dan skg dlm lubang vagina saya trsa gatal dan saat pipis sakit..tlg jlskn pnyebeb apa itu…

  24. dhea says:

    saya juga pernah ngelakuin hubungan seks saad haid dan itu saya lakukan berkali-kali.
    pinggang saya sekarang sering sakit trus saya ko sekarang enggak bisa nahan pipis ya .
    apa saya sudah terkena penyakit-penyakit itu …?

  25. slepta says:

    kalau lagi haid tapi hubungan intim , pasangan nya tembak dalam . apakah hamil ?

  26. freaky girl says:

    qu cewek 20 tahun…
    kadang ngerasa takut juga nih
    tiap menstruasi kadang 2 x qu berhubungan sama tunangan qu
    takut banget…
    akibatnyah kok serem geto..
    dan qu juga pakai antiseptic atau pencuci vagina
    sebenarnyah apa ya akibat dari berhubungan sex saat haid dan apa beroengaruh dengan rahim atau juga memicu kanker rahim???????

    makasie

  27. ss says:

    nice info, saya juga pernah seks saat mens n sekarang saya uda punya putra n masalah sakit panggul, olahraga yoga bisa membantu menghilangkannya just sharing ya sist…

  28. chris mya mardyan rusmana says:

    saya pernah berhubungan intim selagi mens . tapi tidak sering dan tidak terjadi efek apa-apa . tapi apakah bisa menyebabkan kemandulan ? mohon sarannya .

  29. ana says:

    aq mau bertanya klw aq mens tidak beraturan…mens lbh dr 1 minggu bahkan bsa berbulan2..apakah boleh berhubungan intim!?tolong saranny,trima ksih

  30. posting yang bagus… berhubungan saat haid khan haram.

  31. feri says:

    malam dok,,saya pernah beberapa kali melakukan hubungan sex pada saat istri saya haid..ge mana to dok apa kemungkinan saya dan istri saya bisa dapat masalah atau penyakit seperti yang di tuturkak di atas,,terima kasih

  32. tuti says:

    mlm dok.masa haid sy sekitar seminggu-10hr.tp keluar darah cm sampai hr ke3.setelah itu cm flek coklat cuma sedikit”.sy sdh beberapa kali berhubungan saat msh keluar flek.kadang 5hr sdh bersih tdk keluar sm sekali.lalu km berhubungan.tp stlh itu nge flek lg.skg sy srg nyeri perut hbs masa haid.berbahaya kah itu?apa bs hml hub.saat mens.mksh jwbanya

  33. Satria says:

    Dok sy prnh brhubungan seks pda hari k’lima setelah istri z haid,tetapi setelah itu haidnya muncul lg,ap ini membahayakn istri sy??

  34. sinta says:

    q juga prnah berhubungan seks waktu mens tp yang q tau hubungan seks pada saat mens emang lebih enak coz gmana gtu………..

  35. iza says:

    dok.. Saya melakukan hubungan intim pada saat haid hanya 1kali saja, itupun karena kami tidak mengerti. Apakah saya bisa terkene infeksi atau penyakit lainnya?

  36. iiz says says:

    trus kira2 ada solusinya gk?atau obatnya gitu TQ

  37. tika says:

    assalamuailaikum……..ikut gabung ea !
    Kmaren saya keluar flek coklat gitu tapi kita malkukan hb, krn s tahu saya ada yang bilang boleh asal kan bukan darah, jadi kita melakukan hb sama suami deh, eh sore nya keluar darah tapi se dikit terus ga keluar lagi cuma ngeflek doank,,,, kenpa ya aku jadi binggung, bahaya ga ya kasi info yang benar ea makasih sebelum nya

  38. meilany says:

    dok. saya pernah 2 x ngelakuin sex pda mens sma suami saya.
    apakah saya msih bisa punya keturunan? dan apakah saya msih dlm aman?

  39. Guns says:

    Saya pernah berhubungan saat haid 2x,
    apakah kemungkinan terkena penyakit diatas ada?
    mks

Leave a Reply

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.