Spiritual Reflections

Kita tidak melihat hal-hal sebagaimana adanya, kita melihat hal hal itu sebagaimana keadaan kita

  • Selamat Datang


    Anda bisa temukan kisah kehidupan, dalam keluarga, cinta, relijius, motivasi, renungan, kisah dan cerita yang bisa menggetarkan jiwa, memberikan semangat dalam hidup ini serta segala hal yang bisa berarti dalam hidup ini.
    Mungkin karena kesibukan kita sehari-hari hingga kita melupakan sesuatu yang seharusnya tidak kita lupakan, disini mungkin akan anda temukan hal-hal seperti itu.
    Hargailah waktu anda dan berikan yang terbaik untuk diri anda dan orang-orang yang anda cintai. (17/10/2006)

  • Subscribe to Blog via Email

    Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

  • .

    Click here to Enjoy Reading
  • Categories

Faktor Yang Menyebabkan Kanker Rahim

Posted by admin On July - 18 - 2011  Email This Post Email This Post    | 

This post has already been read 10894 times!

TERKADANG Anda tidak menyadari bahwa kebiasaan yang sering Anda lakukan ternyata menjadi pemicu munculnya kanker dalam rahim Anda. Memang ini tidak sepenuhnya salah Anda, mungkin saja karena ketidaktahuan Anda. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan para wanita, misalnya karena ingin selalu tampil bersih, sehingga sering mencuci vaginanya dengan antiseptik. Padahal apa yang dilakukannya tanpa ada saran dan anjuran dari dokter.

Contoh lain adalah Anda sering menaburkan bedak bubuk pada vagina Anda yang juga masuk dalam kategori kebiasaan yang yang memicu munculnya kanker rahim. Menurut Dr. Nasdaldy, SpOG dalam sebuah seminar yang diadakan di RS Dharmais, bahwa sangat penting mengutamakan pencegahan karena otomatis akan mencegah terpaparnya substansi yng menyebabkan kanker itu tumbuh dan menyebar luas. Pencegahan awal bisa dengan cara menghindari tindakan yang memicu atau memeriksakan diri jika sudah ada gejala-gejala sakit atau nyeri di sekitar perut atau rahim.

Berdasarkan keterangan beberapa dokter di RS Dharmais, ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari dari serangan kanker rahim.

Merokok

Pada prinsipnya nikotin mempermudah semua selaput lendir sel-sel tubuh bereaksi atau terangsang. Terutama pada tenggorokan, paru-paru dan leher rahim. Semakin banyak nikotin yang Anda hisap maka semakin banyak yang diserap oleh tenggorokan, akibatnya semakin besar kemungkinan tiga organ itu terkontaminasi.

Pembersihan vagina

Berbagai merk antiseptik pembersih khusus vagina di pasaran dengan slogan iklan yang sangat menggoda. Padahal bahan kimia pada antiseptik tersebut akan menimbulkan iritasi pada leher rahim. Seringnya para wanita tergoda oleh label obat pencuci yang konon mampu membasmi kuman pada vagina. Padahal pada vagina terdapat kuman yang disebut Basillus Doderlain, penghasil asam laktat yang memang fungsinya menjaga kelembaban vagina.

Menaburi bedak pada vagina

Kesegaran akan selalu membawa efek nyaman bagi kita. Begitu juga jika Anda memang selalu ingin menjaga vagina Anda segar, biasanya suka menaburinya dengan bedak. Namun ternyata di samping kesegaran yang diinginkan ada kemungkinan terkena kanker ovarium (indung telur). Karena jika ada satu butir dari bedak tersebut yang menempel, maka akan mengalami infeksi dan menimbulkan luka di ovarium.

Diet rendah lemak

Lemak potensial memproduksi hormon estrogen, jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak maka estrogen pun semakin banyak. Jika endometrium (badan rahim) terpapar oleh hormon ini maka akan cepat sekali berubah wujud menjadi kanker. Jadi pola makan pun berkaitan dengan kemungkinan Anda mengidap kanker.

Stabilkan asupan vitamin

Karena terlena oleh makanan yang enak-enak, terkadang asupan vitamin jadi terlupakan. Vitamin yang sering terlupakan namun sangat penting untuk memperbaiki dan memperkuat mukosa, material dalam leher rahim adalah vitamin C, berat karotein dan asam folat. Jika Anda kekurangan vitamin-vitamin tersebut, maka tidak menutup kemungkinan Anda juga akan terserang kanker leher rahim. Untuk itu perbanyaklah makan sayur-sayuran dan vitamin C.

Yahoo MessengerWhatsAppLineBlogger PostDiggGoogle GmailLinkedInFacebookPlurkTwitterGoogle+FlipboardKakaoPrintInstapaperShare/Bookmark

139 Responses to “Faktor Yang Menyebabkan Kanker Rahim”

  1. memey says:

    mbak, ni aku maya……
    kenapa ya kalo mens perutq yg sebelah kiri bagian bawah kok sakit?
    jadi takut nich….
    mang tu gejala kena kanker serviks ya?

  2. ms says:

    mbak, aku cew 21 thn. udh nikah, trus keguguran pas kehamilanq umur 1.5 bln
    kira2 itu terjadi bulan kemaren.
    sekarang ini kalo kecapean perutq sakit bgt.
    bagian bawah sebelah kiri.knp mbak?

  3. indrie says:

    saya janda anak 2 sudah pisah dengan suami 2 tahun lamanya dan ta pernah berhubungan intim sekalipun. namun sekarang saya memiliki masalah ketika hubungan lagi pertama kali tidak terjadi apapun namun ketika hubungan yang ke 2 dan ke 3 setelah berhubungan mengeluarkan darah saya ingin tahu apakah itu termasuk dlm gejala kanker rahim

  4. Aizzahwa says:

    Saya brumur 22th & sdh mnkh.yg mo sy tnykan,sy sering merasa skt dperut bgian kiri.tu knp y?

  5. noname says:

    Wah ini dokternya kemana ya…pasiennya da banyak neh?
    mbok kl ada yang ngerti meskipun bukan dokter/admin tetap memberi saran…

  6. nova says:

    umur saya 19 thn, biasanya saya haid sktar tgl 20an,2 mnggu sbl itu sya mengeluarkan cairn sperti kputihan ttapi bwarna coklat. terkadang keluar banyak dan terkadng bs sdikit bhkan tidak sm sekali. setelah bbrp hr cairan itu brhenti dan sprti sklus biasanya 2 mnggu stlah itu saya haid.apakah itu termasuk gjala2 kanker rahim???

  7. izna says:

    dok,,,
    umur saya 19 thn, saya sdh ML be2raPA kali dgn pacar saya.terkadang dia suka masukin jarinya kevagina saya.dan kemarin vagina saya mengeluarkan darah,tapi bukan darah haid.saya jadi takut dok.apa penyebabnya vagina saya bisa berdarah sedangkan saya tidak sedang haid???mohon dibalas yah dok karena saya sedang takut sekali.

  8. sazzi says:

    saya berumur 15th ,
    apabila saya selalu keputihan secara trus menerus setiap hari , apakah juga akan menyebabkan kanker rahim ?
    karena biasanya kan keputihan hanya terjadi pada saat sebelum dan sesudah menstruasi ?
    mohon dijawab. terimakasih sebelumnya.

  9. Lyel Quds says:

    Dok.. berbahayakah bila memasukkan jari ke dalam vagina..?
    kalo bahaya.., bahayanya apa ya dok..?
    trm kasih banyak..

  10. diyah says:

    dok, sudah sekitar 2 bulan saya mengalami keputihan yang tidak normal yaitu berwarna kecoklatan agak cair namun jmlhnya sedikit tapi terkadang keluar cairan encer tidak berwarna seperti air. Saya pun sudah periksa ke dokter spesialisKK tapi dokter bilang normal. namun, saya belum yakin! apa sebaiknya yang saya lakukan? supaya saya lebih yakin! thx (dok, bisa kirim ke email saya jawabannya?)

  11. angel says:

    sy umur 22th
    sy mau tanya,
    1. apakah berbahaya masturbasi dg menggunakan jari..?
    2. apakah berbahaya berhubungan sex pada saat haid..?
    3. sy pernah merasa skit pada perut bagian bawah beberapa hari setelah berhubungan, apakah ada dampak buruk ke depannya..?
    4. bagaimanakah aktivitas sex yg baik..?

  12. Quuuuuuuuu says:

    saya mahasiswa sebuah universitas,
    saya haid cukup teratur, namun jangka waktu haid saya selalu melebihi 10 hari. bahkan sempat beberapa kali sampai 14 atau bahkan 16 hari.dan itu pun dengan darah yang terkadang menurut saya berlebihan. apalagi pada hari pertama.
    perut bagian bawah saya sering sakit. keputihan pun sangat berlebih. sewaktu SMA saya pernah memakai rebusan daun sirih sebagai pembersih. namun setelah tau hal itu pun bisa membahayakan, mka sayapun berhenti menggunakannya.
    saya sempat 1 kali periksa kedokter, dan sempat di USG, dan menurut dokter kemungkinan besar kista, dan kemungkinan kecilnya kangker. namun saya tidak meneruskan pemeriksaan tersebut karena masalah biaya.
    sekarang jika haid di sekitar vagina saya terdapat benjolan – benjolan yang cukup menyakitkan jika tersentuh.
    menurut anda saya harus bagaimana dan apakah saya benar – benar terkena kangker rahim ????
    Trimakasih !

  13. Dik says:

    Saya gadis berusia 17 tahun…..
    Terkadang klo saya datang bulan sering tidak teratur….
    Pernah saya 2 bulan tidak datang bulan….
    Pernah juga saya datang bulan sampai 1 bulan penuh(30 hari)….
    Apa itu berbahaya???
    Waktu saya periksakan ke dokter, katanya tidak apa2.
    Apakah ada kelainan pada rahim saya???

  14. Eri says:

    Umur saya 35 Thn saya punya anak satu 4 thn
    Sy mau tanya
    3 bulan terakhir saya mengalami keputihan bentuknya agak encer tapi ada juga yg gumpalan kadang-kadang gatal,haid saya lancar paling telat 2-3 hari tapi waktu haid pertama saat BB perut saya sakit apakah itu bahaya, sy takut sekali apakah saya terkena kanker leher rahim???Apakan memasukan jari tangan ke vagina itu bahaya??
    Terimakasih

  15. ichie says:

    dok, saya mo tanya..
    saya cew yg msh virgin umur 22 thn..saya hmpir tiap hari mengalami keputihan yg kadang2 d sertai dengan darah yg kental tp sedikit..
    apa saya terkena kanker rahim dok?
    dan apa pnyebab darah yg bersamaan dgn kputihan saya dok?
    tlong bls y dok..

  16. adhe says:

    usia ku 23 thn aq sering melakukan sex dengan pacar saya,tp ko belakangan ini vagina sya gatal,keputihan berwarna putih kental dan perut sebelah kiri saya sering sakit malah kadang menjalar kepinggul sebelah kiri………aq takut bgt … :sad: terus tangan pacar sya sring masuk kevagina sya
    tolong bls keemail saya apa itu ciri-ciri kanker
    aq akut bgt…dok

  17. laylah says:

    saya mohon penjelasannya, apakah ini bukan termasuk penyakit keturunan??

  18. Aprissa says:

    Mau tanya dok..bbrp hari ini kaki sy dari lutut sebelah kanan sy sampai pinggul, bahu, bahkan sampai leher sakit sekal, bahkan jg kemaluan sebelah kanan sy berdenyut2 tp tdk bgt sakit. Dok apakah itu ada gejala kanker, sy belum menikah usia sy 38 thn dan tdk pernah berhubungan intim. Tlg ya dok sy butuh sekali pendapat dokter krn sy agak takut..tq ya dok…

  19. queen latifah says:

    tolong jawab dok. .sy cw 22thn,srng mlakukn hub sex,bln jnuari kmrn sy sempet haid tratur,tp dbln febuari sy g haid sma skali,bln maretny dvagina saya keluar darah encer,tp it cm 1hri saja,mggu brkutny keluar cairan coklat sprti darah kotor it jg 1hr trjadiny,n mggu trkhr kluar darah encer lg yg aga byk dr sblmny. .bln ni sy srng kputihan yg cair brwna puth tp gak bau. .
    It knp y dok,tlng jwb,sy ktakutan. .ap saya msh bs haid. . ?

  20. tiwi says:

    dok tny… umurku 19th, knp ya ketika melakukan hub sex sering keluar darah.. bahkan stlah hub sex darah msh keluar, apakah saya terkena kanker rahim????saya tkt bgt, walaupun udh sebulan tdk berhub kdg tetep keluar drh knp y?apakh ad hub dgn tumor payudara? cz sy prnh oprasi tmr pyudara..tlg djwb,mksh…

  21. tiwi says:

    tlg dijwb ya dok… sblmnya trims bgt,, 😥

  22. putri says:

    dok, saya mw nanya, beberapa hari setelah masa haid saya habis, keluar cairan kental yang lengket gt.kadang2 seperti bercampur dengan darah.kadang seperti jel, kadang seperti darah yang keluar saat haid pertama (wrnanya coklat tua gt). apakah itu suatu pertanda kanker mulut rahim?
    oh ya, saya berumur 20 thn dan belum pernah melalukan hubungan badan
    terima kasih
    saya harap dokter dapat memberikan jawaban pada saya
    terima kasih

  23. Tata says:

    DOk..saya mau tanya. seminggu saya mengalami menstruasi. tetapi sekarang saya malah keluar bercak – bercak darah berwarna pink dan coklat. keluarnya seperti keputihan. dok, apakah ini ciri – ciri kanker rahim? saya seorang gadis berusia 19 tahun. Mohon di balas dok!

  24. rachma says:

    saya mau tanya.. saya pernah keputihan banyak banget trz akhir2 ini suka keluar warna kecoklatan seperti darah trz skrg suka mulai sakit pada bagian atau daerah vagina. knp ya??
    tolong bales scepatnya.. penting bngt.. :sad:

  25. Nell says:

    dok,sy mau tanya sy udah menikah 7th.udah 3th terahkir ini perut sy sakit banget ketika sy haid bahkan sy bs demam,nggk selera makan,sy bedrestaja dok. siklus haid sy jg lbh pendek biasanya 7hr jd 5hr.sy nggk keputihan dan perut sy di hari2 biasa nggk sakit.sebelum menikah sy nggk pernah sesakit ini cm nyeri biasa.apakah ini tanda2 mioma atau kanker dok?trims atas jawabannya.

  26. ikha says:

    sya remaja usia 18thn,
    sya mengalami kanker rahim
    awalnya 2 tahun yang lalu saya terkena kista, setelah berobat saya pikir saya sembuh

    tapi….pada kenyataanya saya malah terjangkit penyakit yang lebih parah yaitu servix
    hal itu sya ketahui 5 bln yang lalu…
    sebenarnya apa yang menyebabkan ituh bs terjadi
    terimakasih…..

  27. liz says:

    aku mw tanya dok,
    saya cwe yg berumur 19 th,
    3-4 bulan terkhir ini aku sering mengalami masalah nyeri ataupun sakit pada perut dan juga vagina saya sering merasa gatal ataupun nyeri/sakit pada saat buang air kecil. tapi gejala2 tsb terjd ketika menjelang ataupun sesdh menstruasi.
    dok, apakah itu gejala penyakit kista atau kanker.
    tlg ya dok, sy sgt butuh petunjuk dari dokter krn sy pun merasa takut. harap di balas secepatnya

  28. pink says:

    dok sy kalo berhub sex sering keluar darah itu knp y??? udh sebulan g nglakuin pas nglakuin keluar drh la,, aku tkt bgt!!!apakah itu gejala kanker rahim?? umurku 19th. tlg y dibls… trimaksh

  29. tia says:

    mengalami keputihan seperti apa yang bisa diduga terkena kanker rahim, dan nyeri perut dan nyeri pinggang pada saat haid yang seperti apa yang diduga terkena kanker rahim.
    terima kasih

  30. Tina says:

    saya mau tanya gejala awal penyakit kanker rahim itu gimana ???

  31. --enough says:

    saya mau nanya ,saya pernah masukin jari kevagina pacar saya ..
    dy sering ngeluh sakit di bagian perut sebelah kiri..knpa ya???

    satu lgi pada waktu itu pacar saya ngerasa sakit ketika saya masukin jari ke vagina,ga tau nya keluar darah gamana donk..bahaya ga??tolong jawab ya plis bgt .apa akibatnya??jawab ke e-mail saya ya. 😥

  32. Anne says:

    Dok, saya sdh menikah bln Feb 08, udh 1 thn 3 bln, umur 29 blm punya anak. Dulu wktu pertama x nikah sring trlambat haid sampai 1-2 bln lbh. Saya n suami kira sya hmil krn tanda2 hampir sma stlh k dokter kandungan d usg tdk ada apa2 n kandungan bersih

  33. Anne says:

    Dok, saya sdh menikah bln Feb 08, udh 1 thn 3 bln, umur 29 blm punya anak. Dulu wktu pertama x nikah sring trlambat haid sampai 1-2 bln lbh. Saya n suami kira sya hmil krn tanda2 hampir sma stlh k dokter kandungan d usg tdk ada apa2 n kandungan bersih. Stlh bln Des 08 haid sya mlai lancar tiap bln tpi tanggal brubah2. Dok bln mei ini mens sya tdk brhenti, tgl mens 20-26 msh keluar darah, biasax hr k 5 drh sdh brkurang n hr k 6 brsih. Tpi ini knapa Dok, stiap kencìng drah keluar menetes. Sya pernah sakit kepala sxi seperti di tikam2 di kepala blakang,ubun2 dll stelah itu tak lama sya mens. Knapa Dok apa sya ada kankep rahim/kista? Dok mohon d balas ya Dok. Thx Dok.

  34. ELLA says:

    emm…..apakh keputihan jg bs menyebabkn kanker rahim????

  35. inocent_girl says:

    saya perempuan 21 thn. saya memiliki kebiasaan suka membersihkan daerah v saya dengan pembersih yang wangi sejak 5 thn lalu. saya semakin sering memakainya sejak 1 thn yg lalu karena banyaknya keputihan yg keluar. saya sering merasakan sakit di perut sebelah kiri-kanan,bahkan saya sempat keluar darah kotor selama beberapa minggu berturut-turut. apakah saya sudah kena kanker rahim? terus apakah salah satu penyebab kanker itu jg bisa karena v-nya pernah dimasukkan jari yg kotor? karena saya pernah tahu kalo ada orang yg melakukan itu. tolong kirim jawabannya ya ke e-mail saya. saya sangat takut… 😥 terima kasih.

  36. miss says:

    Dok, mau konsultasi dong…
    Saya wanita umur 26 th dan masih lajang. Saya melakukan hubungan intim dgn pacar saya. Setelah itu saya sempat mengalami sakit ketika kencing tp kemudian saya minum antibiotik cipro slm 10 hari dan sembuh. Saya juga mengalami keputihan banyak, sehingga saya konsumsi metronidazol selama 10 hari. Keputihan tidak terlalu banyak lagi hanya satu tetes saja, tapi saya kadang merasa gatal di vagina saya, ketika saya cek dengan cermin ternyata ada cairan putih seperti susu. Saya berhubungan dengan 1 pasangan saja, dan dia juga sudah cek ke dokter bahwa dia sehat (tidak ada penyakit kelamin). Karena kasus saya ini, dia cek lagi ke dokter dgn hasil yg sama yaitu sehat wal afiat. Oya, di bibir vagina saya teksturnya seperti lidah, tidak licin dok, seperti bergerindil. Apakah itu bahaya? sekarang saya hanya memakai betadine feminin 1x sehari. Saya harus bagaimana ya dok?klo mau cek ke dokter sebaiknya ke dokter SPOg atau dokter kulit dan kelamin?saya tunggu jawabannya segera ya..thanks.

  37. flowers says:

    sy mau tanya…. pa bener penykit kaNker rahim itu… penyebab karena sering ganti pembersih….dan dan karena sering ml … dean kalau vagina sy sering dimasukan memakai tangan… perut dan tubuh sy… sakit banget….

  38. ocha says:

    aq cwe usia 21 thun,,,
    siklus haid saya tidak teratur tiap bulannya. tetapi selalu menstruasi (tdak prn tdk dpet. tapi bulan kemarin saya tidak menstruasi,cuma keputihan.warnanya pun tidak seperti biasanya. kali ini warnanya agak kuning kecoklatan. perut bagian bawah sebelah kanan saya terkadang terasa nyeri. apakah aq ad indkasi terkena penyakit kanker rahim