Spiritual Reflections

Kita tidak melihat hal-hal sebagaimana adanya, kita melihat hal hal itu sebagaimana keadaan kita

  • Selamat Datang


    Anda bisa temukan kisah kehidupan, dalam keluarga, cinta, relijius, motivasi, renungan, kisah dan cerita yang bisa menggetarkan jiwa, memberikan semangat dalam hidup ini serta segala hal yang bisa berarti dalam hidup ini.
    Mungkin karena kesibukan kita sehari-hari hingga kita melupakan sesuatu yang seharusnya tidak kita lupakan, disini mungkin akan anda temukan hal-hal seperti itu.
    Hargailah waktu anda dan berikan yang terbaik untuk diri anda dan orang-orang yang anda cintai. (17/10/2006)

  • Subscribe to Blog via Email

    Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 2 other subscribers

  • .

    Click here to Enjoy Reading
  • Categories

Biopsi Mamotome untuk Deteksi Dini Kanker Payudara

Posted by admin On December - 8 - 2012  Email This Post Email This Post    | 

This post has already been read 6260 times!

Kanker payudara menempati urutan kedua terbesar setelah kanker leher rahim yang diidap oleh kaum Hawa. Untungnya, dengan pemeriksaan payudara secara berkala, kanker tersebut bisa dideteksi sejak dini.

Saat ini pemeriksaan kesehatan payudara sejak dini sudah disadari oleh para perempuan. Hal ini terutama karena meningkatnya kesadaran atas penyakit kanker payudara. Banyak perempuan datang dengan berbagai keluhan payudara dan tentu saja kondisi tersebut membutuhkan pemeriksaan yang lebih teliti.

Timbulnya benjolan pada payudara kerap membuat perempuan dihinggapi rasa cemas. Untuk mengakomodasi masalah yang ditemui, klinik kesehatan yang melakukan pemeriksaan payudara sebaiknya dilengkapi dengan mesin ultrasound digital dan vakum.

Kedua alat tersebut kerap digunakan untuk memandu saat dilakukan bipsi. Dengna begitu, banyak pasien bisa mendapat diagnosis kesehatan payudara secara tepat saat berkonsultasi pertama kali.

Saat ini, dijelaskan oleh Dr. Joy Lee Siew Yang, konsultan bedah di RS Mount Alvernia, Singapura, sudah ada metode terbaru dengan tindakan invasif minimal untuk memeriksa benjolan dan melakukan terapi bila ditemukan kanker.

Sekitar 80 persen benjolan payudara yang ditemukan bersifat jinak. Prosedut tindakan biopsi bisa dilakukan di ruang praktik dokter bila ditemukan benjolan yang dicurigai.

Prosedur dengan anestesi lokal dan luka minimal ini cukup cepat, akurat, dan nyaman dilakukan. Begitu juga dengan proses penyembuhannya.

Deteksi kanker sejak dini juga dapat mengurangi kesakitan pembedan. Biopsi yang dilakukan pada titik kelenjar getah bening juga dapat mengurangi kebutuhan untuk membersihkan kelenjar getah bening di bawah ketiak pada sekitar 70 persen pasien dengan kanker payudara stadium awal.

Ada tiga teknik yagn bisa digunakan untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini. Dengan menggunakan ultrasound, sistem mamotome, dan bipsi getah bening sentinel.

Cepat Ditangani
Ultrsound yang digunakan pada ruan gpraktik dokter merupakan bagian dari pemeriksaan klinis tambahan pemeriksaan payudara. Alat tersebut sangat penting artinya dalam menentukan karakteristik massa payudara yang jelas maupun yang tidak jelas.

Penggunaan USG ini juga berguna untuk membedakan kista yang ada pada payudara, baik jinak maupun ganas. Sebagai gambaran, kanker akan terdeteksi dari gelombang suara yang dikeluarkan oleh USG. Gelombagn suara tersebut akan lebih tinggi dengan abtasan yang tidak beraturan.

Pemeriksaan dengan ultrasound pada saat konsultasi akan membuat masalah yang dialami oleh pasien bisa ditangani dengan cepat. Kista ataupun benjolan yang terdapat pada payudara juga bisa dibiopsi dengan sayatan minimal untuk kemudian dianalisis.

Hal ini tentu saja akan mengurangi kecemasan pasien. Tentu saja juga akan mengurangibiaya bila dibandingkan melakukan biopsi dengan bedah terbuka.

Salah satu teknik biopsi lebih canggih adalah mamotome. Dengan sistem bipsi ini memungkinkan dokter mengambil jumlah ajringan payudara secara tepat dengan anestesi lokal dan tapa pembedahan.

Hasil biopsi umumnya cukup akurat, terutama untuk kanker payudara stadium dini. Sebagai catatan, prosedur ini dilakukan dengan cepat dan hanya sedikit rasa sakit.

Bahkan sayatannya pun cukup kecil. “Hanya sekitar 4 mm, sehingga tidak diperlukan jahitan,” ujar Dr. Joy. Kaum Hawa bisa menjalankan aktivitasnya kembalis egera setelah prosedut selesai dikerjakan.

Sekitar satu juga prosedur memotome dilakukan setiap tahun dan menjadi standar praktik di berbagai jasa layanan kesehatan. Meski begitu, dibutuhkan keahlian tinggi dan berpengalaman untuk melakukan prosedur itu. Bipsi memotome tiga kali lebih akurat dibandingkan dengan bipsi menggunakan jarum biasa.

40 Persen Lebih Murah
Deteksi dengan menggunakan biopsi mamotome bisa dilakukan di RS Mount Alvernia. Rumah Sakit Mount Alvernia (MA) didirikan tahun 1961 oleh sekelompok suster Katolik dari Fransiscan Missionaries of the Divide Motherhood (FMDM). Rumah sakit ini diresmikan oleh Dato Lee Kong Chian pada tanggal 4 maret 1961.

Menjadi misi MA untuk memberikan pelayanan kesehatan dengen kualitas dan kasih sayang yang tinggi bagi masyarakat umum dengan harga 40 persen lebih murah dibandingkan dengan rumah sakit swasta lainnya di Singapura. Bahkan, tarif hotel yang berada di sekitar MR ini juga memberikan harga khusus bagi pasien di rumah sakit tersebut.

Saat ini MA terdiri dari 303 kamar dengan beragam jasa layanan kesehatan untuk kasus pembedahan, anak-anak, serta kehamilan. Sebagai tambahan, terdapat dua pusat kesehatan dengan para ahli di bidangnya, baik untuk spesialisasi maupun pembedahan. Di rumah sakit swasta ini juga terdapat bagian diagnostik dengan jasa CT-Scan, mamografi, ultrasound, lithotripsy, bone densitometer, ERCP, endoskopi, serta fasilitas rehabilitasi.

Setiap tahun, lebih dari 200.000 orang dari seluruh dunia datang ke Singapura untuk mendapatkan perawatan medis yang bermutu dan lengkap. Sistem perawatan kesehatan yang canggih, pakar medis yang kompeten, dan tersedianya fasilitas diagnosis dan fasilitas perawatan adalah faktor-faktor yang menjadikan Singapura sebagai pusat terkemuka untuk perawatan kesehatan di kawasan Asia Pasifik.

Rumah sakit dna pusat-pusat spesialis di Singapura menawarkan perawatan khusus untuk penyakit seperti mata, jantung, otak, dan kanker. Pasien bisa mendapatkan perawatan paling modern dari para profesional medis terkemuka dalam lingkungan yang berstandar tinggi.

Yahoo MessengerWhatsAppLineBlogger PostDiggGoogle GmailLinkedInFacebookPlurkTwitterGoogle+FlipboardKakaoPrintInstapaperShare/Bookmark

3 Responses to “Biopsi Mamotome untuk Deteksi Dini Kanker Payudara”

  1. […] penilaian secara menyeluruh terhadap kondisi penderita, yaitu sekitar 1 minggu atau lebih setelah biopsi. Pengobatannya terdiri dari pembedahan, terapi penyinaran, kemoterapi dan obat penghambat […]

  2. Echa says:

    saya mau tanya apakah jika pcr saya sring memasukkan tangannya ke dalam vagina saya akan bis menimbulkan kanker rahim? apakah terlalu sring melekukan hubungan sexs akan menimbulkan kanker rahim.. please djwb

  3. haryaman says:

    kenapa harus dengan tangan?
    Mkn kekasih kamu punya kelainan.
    Biar dengan saya saja say

Leave a Reply