Spiritual Reflections

Kita tidak melihat hal-hal sebagaimana adanya, kita melihat hal hal itu sebagaimana keadaan kita

  • Selamat Datang


    Anda bisa temukan kisah kehidupan, dalam keluarga, cinta, relijius, motivasi, renungan, kisah dan cerita yang bisa menggetarkan jiwa, memberikan semangat dalam hidup ini serta segala hal yang bisa berarti dalam hidup ini.
    Mungkin karena kesibukan kita sehari-hari hingga kita melupakan sesuatu yang seharusnya tidak kita lupakan, disini mungkin akan anda temukan hal-hal seperti itu.
    Hargailah waktu anda dan berikan yang terbaik untuk diri anda dan orang-orang yang anda cintai. (17/10/2006)

  • Subscribe to Blog via Email

    Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

  • .

    Click here to Enjoy Reading
  • Categories

Pertanyaan Mengenai Air Kangen

Posted by admin On November - 9 - 2015  Email This Post Email This Post    | 

This post has already been read 4770 times!

1. Apakah kondisi air akan mengalami perubahan saat dipanaskan atau didinginkan?
Ya, kondisi air akan mengalami perubahan pada saat dipanaskan atau didinginkan. Saat dipanaskan, ORP dan pH berubah. Saat didinginkan ORP akan berubah namun pH tetap sama sampai beberapa minggu tergantung kualitas air.

2. Kenapa kadang-kadang kangen water berbau?
Air yang tidak dipurifikasi (dimurnikan melalui proses ionisasi) memiliki kandungan mineral* di dalamnya. Leveluk didesain untuk mengatasi jumlah standar tertentu dari mineral tersebtu. Saat jumlah mineral atau Karbondioksida Bebas** lebih banyak daripada biasanya, mineral-mineral tersebut terkadang bereaksi terhadap Fitur Anti Bakteri*** yang terdapat di selang water supply, menjadikannya berbau. Untuk mengatasi hal tersebut, saat air mengalir ke dalam mesin pertamakali, set menjadi purified water dan biarkan mode itu berjalan 2-3 menit lebih lama dibandingkan biasanya.
*Mineral
Ca (calcium), Mg (Magnesium), Na (Sodium), Ka (Potassium) dan nutrisi lainnya yang ditemukan di dalam makanan dan air. Mineral yang ada di dalam air dikatakan baik untuk kesehatan jika dalam jumlah yang optimum.
**Karbondioksida Bebas
Karbondioksida ditemukan di dalam air. Beberapa orang terkadang lebih memilih rasa air yang mengandung karbondioksida, yang cendering memiliki level pH yang rendah. Air yang memiliki kandungan karbondioksida yang tinggi dikatakan kurang baik untuk kesehatan. Sake Jepang terasa lebih enak saat terdapat jumlah kandungan karbondioksida yang sedang.
***Fitur Anti Bakteri
Mesin seperti Leveluk yang ditujukan untuk menghasilkan sesuatu yang bisa dikonsumsi manusia dilengkapi dengan fitur anti bakteri. Mesin ini seringkali terdiri dari banyak bagian, dan terutama sangat penting bahwa bagian dimana air mengalir tidak terkontaminasi oleh bakteri.
3. Bisakah kangen water digunakan untuk minum obat?
Kangen Water lebih ditujukan sebagai air minum sehari-hari dan memasak ketimbang untuk minum obat.
Kementrian Kesehatan Jepang memberikan petunjuk sbb:
1. Jangan minum obat menggunakan air alkali.
2. Jangan minum air alkai jika anda memiliki anaciditas*
3. Cari bantuan dari dokter atau ahli kesehatan jika anda merasa tubuh anda abnormal, atau konsumsi terus-terusan tidak menunjukkan perubahan kondisi ke arah yang lebih baik. Hal ini dikarenakan efektifitas minum obat bersamaan dengan minum kangen water belum ditest. Level pH asam lambung sekitar 1.8, dan obat-obatan biasanya berada pada level ini yang bertujuan agar mereka dapat melewati lambung . Oleh karena itu, agar lebih yakin obat yang anda minum memiliki efek bagi tubuh anda, kami merekomendasikan agar anda menyediakan jeda waktu selama 2-3 antara minum obat dan minum kangen water.
*Anaciditas
Gejala ini dikenal juga dengan nama gastric acholrhydria, yang ditemukan pada orang-orang yang memiliki asam lambung lebih tinggi dibandingkan orang normal pada umumnya dimana orang normal memiliki pH asam lambung sekitar 1.8. Orang yang mengalami anaciditas mengalami kesulitan dalam mencerna makanan. Orang-orang ini tidak disarankan untuk minum kangen water.
4. Bagaimana dengan masalah perbedaan kualitas air bahan baku?
Jenis air bahan baku (air keran, air galon mineral, air tanah, dll) yang digunakan akan mempengaruhi kualitas kangen water dan acidic water yang diproduksi saat elektrolisis. Efiesiensi elektrolisis akan menurun jika air bahan baku yang anda gunakan adalah air tanah / air sumur dikarenakan jenis air tersebut cenderung menahan banyak karbon dioksida bebas demikian juga dengan air yang memiliki sedikit kandungan mineral. Sebaliknya jika air bahan baku yang digunakan memiliki kandungan mineral yang berlebihan, dampaknya terjadi pada rasa air tersebut atau kangen water yang diproduksi memiliki level pH yang terlalu tinggi. Selain itu tekanan air yang masuk ke dalam mesin juga berpengaruh dalam hasil akhir produksi air, karena itu penting untuk dicek kangen water yang anda produksi berada pada level pH yang benar.
5. Apa keuntungan mengkonsumsi kangen water?
Keuntungan mengkonsumsi kangen water yaitu pada mineral yang dikandungnya dan dapat dengan optimal menghidrasi seluruh sel tubuh anda.
6. Apa yang dimaksud dengan Mengen Effect saat mengkonsumsi kangen water?
Tergantung bagaimana cara mengkonsumsinya dan kesehatan fisik seseorang, ada kemungkinan (meskipun jarang) bahwa beberapa orang tertentu akan mengalami sembelit ataupun diare selama beberapa hari sampai beberapa minggu setelah minum air kangen water. Dalam dunia herbal istilah ini dikenal dengan sebutan Mengen Effect*. Kedua efek detoks tersebut sama kasusnya yaitu proses detoksifikasi berlangsung sangat efektif hingga menimbulkan efek negatif untuk sementara. Jika hal ini terjadi, kurangi konsumsi air yang anda minum sampai setengahnya atau sampai seperempat gelas sampai mengen effect / efek detoksifikasinya berkurang. Jika gejalanya sudah berkurang barulah anda mulai dapat melanjutkan tingkat konsumsi air tersebut perlahan-lahan ke tahap normal. Disarankan untuk terus melanjutkan terapi ini sampai tubuh anda terdetoksifikasi seluruhnya. Akan tetapi jika gejala mengen effect tak kunjung sembuh / berkurang setelah sekian lama, anda bisa kosultasi ke dokter atau ahli kesehatan.
*Mengen effect
Istilah yang digunakan ketika anda merasa tubuh anda terasa sakit selama beberapa jam atau beberapa hari setelah anda diterapi chiropractic (metode pengobatan melalui tulang belakang). Istilah medis untuk kondisi ini disebut Mengen effect. Efek ini merupakan respon alami saat tubuh berusaha kembali menjadi normal setelah otot dan tulang diperbaiki.
7. Apa itu beauty water (acidic water) dan Strong Acidic Water?
Beauty Water (disebut juga Acidic water) memiliki pH sekitar 5.5-6.5 dan strong acidic water meiliki pH kurang dari 2.7. Kementrian Kesehatan Jepang telah mensertifikasi acidic water sebagai astringent*. Strong Acidic Water meiliki karakteristik yang sangat baik dari segi sanitasi dan dapat digunakan untuk membersihkan lantai rumah atau membuang pestisida pada buah dan sayur, membuang kotoran dan bibit penyakit pada makanan.
*Astringent
Acidic water bekerja sebagai astringent untuk mempercantik kulit anda. “Air Astringent” mengacu pada Beauty Water.
8. Bagaimana cara menggunakan kangen water untuk perawatan kecantikan?
Dikarenakan saat musim dingin udara sangatlah dingin dan kering, perawatan kulit teramat dibutuhkan pada iklim ini. Tanpa merawat kulit anda dengan baik, kulit anda akan menjadi kering dan kasar. Cairan tubuh memiliki peranan yang penting dalam menjaga temperatur tubuh dan kesehatan kulit anda. Minum air alkali kangen water dapat mempertahankan kecerahan dan kelembutan kulit anda. Dikarenakan sangatlah penting untuk mempertahankan level pH kulit anda pada kisaran 5.0 – 6.0, kami merekomendasikan untuk menyemprotkan acidic water* (disebut juga beauty water) di kulit anda secara rutin setiap hari. Saat musim dingin, berendam dalam air beauty water dapat mempertahankan kelembaban kulit anda. Kami juga menyarankan anda untuk rajin mengkonsumsi makanan dan buahan yang mengandung vitamin C, A, E yang tinggi. Merawat kulit anda dengan menggunakan beauty water akan menjadikannya terlihat lebih halus dan tampak lebih muda sehingga akan membuat hidup anda bahagia.
*Acidic water
air acidic yang diionisasi melalui proses elektrolisis yang memiliki pH antara 4.0 sampai 6.5. Efek astringentnya telah disertifikasi oleh Kementrian Kesehatan Jepang. Air ini sangat luar biasa bagusnya dalam hal perawatan kulit / skin care.
9. Bagaimana cara terbaik dalam menggunakan Strong Kangen Water/Strong Acidic Water, berapa lama air tsb bertahan?
Diantara 5 jenis air yang diproduksi oleh mesin leveluk, 2 jenis air yang boleh diminum (yaitu air alkali kangen water pH 8.5-9.5 dan clean water pH 7.0) harus diminum dalam keadaan fresh. Jika anda menyimpannya di kulkas pastikan disimpan tidak lebih dari 4-5 hari. Selalu ganti air kangen yang anda bawa dalam botol minum sehari-hari. Untuk air jenis lain yaitu Beauty Water, Strong Acidic Water dan Strong Kangen Water, tidak dibutuhkan perhatian khusus, tapi kami menyarankan paling tidak air ini diganti seminggu sekali. Simpan air-air ini di dalam wadah yang kedap cahaya, isi sampai benar-benar penuh untuk menghindari kontak dengan udara yang dapat menyebabkan oksidasi, simpan di tempat yang sejuk dan gelap (kulkas merupakan tempat yang ideal).

10. Bagaimana cara yang tepat dalam minum kangen water?
Sebenarnya tak ada aturan khusus mengenai cara minum kangen water ataupun berapa banyak anda harus mengkonsumsinya. Minum saja sama seperti anda minum air biasa sehari-hari.
11. Bagaimana cara kita memulai minum kangen water pertamakali?
Umumnya mulailah dengan minum pada settingan level pH* terendah (yaitu pH 8.5). Setelah mengkonsumsi kangen water dengan pH 8.5 selama 2 minggu, coba naikkan ke level berikutnya yaitu 9.0, lalu 2 minggu kemudian naik lagi ke pH 9.5. Usahakan minum air alkali kangen water dalam keadaan masih fresh baru keluar dari mesin.
Untuk anak-anak dan orangtua, mungkin memerlukan tambahan waktu lebih lama sebelum naik ke level pH yang lebih tinggi, lakukan secara perlahan hingga tubuh mereka terasa nyaman dan bisa menyesuaikan dengan baik.
Untuk bayi (sampai umur sekitar 1 tahun), dikarenakan ASI adalah satu-satunya yang mereka konsumsi, pergerakan usus mereka secara umum berbeda dengan orang dewasa, dan tidak disarankan minum air alkali kangen water sampai bayi tersebut sudah bisa memulai makan makanan yang lebih keras. Dalam kondisi apapun, jangan gunakan air alkali kangen water untuk membuat susu formula untuk bayi.
*pH
Algoritma yang saling timbal balik dari konsentasi ion hidrogen dalam gram atom per liter. Digunakan untuk mengukur tingkat keasaman (acidity) atau tingkat kebasaan (alkalinity) suatu larutan dengan skala dari 0-14 (dimana 7 merupakan pH netral).

Pertanyaan Mengenai Mesin
12. Kenapa bisa terjadi kebocoran?
Penyebab hal ini kemungkinan besar diakibatkan oleh cincin karet hitam (disebut juga O-ring) pada bagian bawah filter terlepas secara tidak sengaja pada saat transportasi, atau bisa juga anda tidak sengaja menumpuknya menjadi 2 tumpukan pada saat mengganti filter. Biasanya kebocoran jarang disebabkan karena kesalahan mekanis dari mesin kangen water.
13. Bagaimana cara menggunakan spout stand?
Dua jenis air keluar bersamaan melalui mesin leveluk, dan kangen water akan diproduksi hanya ketika 2 jenis air tersebut berjalan pada rasio yang tetap. Jika pipa bawah tertekuk, atau posisi stand-nya lebih tinggi dari ujung bawah pipa fleksibel (pipa atas), air asam tidak dapat diproduksi dengan benar. Pada gilirannya, meluruskan pipa di bawah wastafel untuk mengumpulkan air dalam wadah terpisah akan mengakibatkan hilangnya air alkali kangen water. Dalam kasus ini, jangan menarik spout stand ke bagian bawah, tapi siapkan selang terpisah untuk mengumpulkan air dari kontainer. Jadikan suatu kebiasaan harian untuk mengecek air menggunakan pH tester dan gelembung hidrogen.
14. Bagaimana cara menggunakan tombol reset?
Ada tombol berbentuk persegi yang terletak di dalam cover berwarna hitam pada bagain samping kiri mesin kangen water. Pastikan anda menekan tombol ini (dimana akan ditandai dengan bunyi beep) saat anda pertamakali memasang mesin leveluk kangen water atau saat anda mengganti filter. Penekanan tombol ini membuat layar LCD menampilkan pesan yang benar tentang segala hal mengenai informasi yang tersimpan di dalam microcomputer mesin leveluk. Tombol ini harus ditekan agar informasi bisa tampil di layar LCD. Ia akan memberikan notifikasi kepada pengguna ketika aliran air yang masuk ke mesin terlalu banyak atau terlalu sedikit, mengeluarkan alarm peringatan ketika ada air panas yang tidak sengaja masuk ke dalam mesin, dan menginformasikan kepada anda mengenai arus air. Dengan menggunakan tomobl reset dengan benar pada mesin leveluk, anda memastikan bahwa air yang dihasilkan oleh mesin aman dan sehat.
15. Berapa tahun pelat elektrolisis bisa bertahan?
Pelat elektroda pada mesin leveluk lebih tebal dan lebih besar dibandingkan produk dari perusahaan ionisasi air lain. Mesin kangen water didesain seperti ini dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas elektrolisis dan ketahanan mesin. Selain itu alasan lainnya yaitu untuk menjami produksi volume air dengan maksimum. Pelat elektroda mesin kangen water dibuat menggunakan bahan titanium yang berkualitas paling tinggi, kemudian dilapisi dengan platinum. Tak hanya itu, dikarenakan bahan yang berkualitas ini, pelat elektroda mesin tentu saja bersifat antikarat. Hubungan antara sel elektrolisis dengan mesin ionisasi air bisa dikatakan sama dengan hubungan antara mesin generator dengan mobil. Kami dengan bangga menyatakan bahwa produk kamilah yang terbaik karena penggunaan material yang benar-benar nomor 1. Sel elektrolisis dan Control PCB* memastikan level ORP* yang tinggi, dan memproduksi air yang aman, sehat dan lezat. Mekanisme pembersihan otomatis memastikan bahwa sel elektrolisis selalau bersih, dan paling tidak mampu bertahan hingga 15 tahun.
*Control PCB (Print Circuit Board)
Sebuah papan yang meliputi cetakan sirkut yang mengatur berbagai data berkenaan dengan mesin. komponen / kondensor berteknologi tinggi juga termasuk di dalamnya.
**ORP (Oxidation Reduction Potential)
Potensial elektris dibutuhkan untuk mengurangi atau memperlambat proses pengkaratan dan pembusukan (oksidasi). Proses ini juga dikenal sebagai deoksidasi. ORP diukur dalam istilah negatif mVs. ORP ideal untuk tubuh manusia dikatakan berkisar antara -150mV sampai -400mV.

16. Apa yang harus saya lakukan jika saya melihat ada deposit zat menumpuk dalam air?
Sejumlah kecil dari mineral ditemukan di dalam air yang tidak dipurifikasi (air ledeng atau air pipa). Selama proses elektrolisis, mineral-mineral tsb menjadi berkumpul pada kutub minus dari sirkuit elektrolisis, mengakibatkan cluster (deposit) menempel pada pelat elektroda. Mesin leveluk dapat membuang cluster ini dengan membalikkan arus listrik, namun terkadang cluster ini terjatuh secara alami. Saat anda menuangkan air ini ke dalam kontainer berbahan stainless atau kaca, cluster ini menempel pada bagian bawah dan bagian samping kontainer tsb. Cukup sulit membuang cluster ini hanya dengan menggosok menggunakan objek metal, dll. Solusinya, tuangkan cuka ke dalam kontainer dan tinggalkan selama 12 sampai 15 jam. Anda dapat menggantikan Citric Acid* (asam sitrat) dengan cuka jika anda mau. Cluster ini tidak berbahaya jika dikonsumsi, jadi anda tak perlu khawatir.
Lebih jauh lagi, jika anda men-setting mesin ke mode beauty water (acidic water), dan membiarkan air mengalir selama 2 samapi 3 menit, anda dapat mengurangi jumlah mineral yang menempel secara signifikan. Bersihkanlah kontainer yang anda gunakan untuk menyimpan air alkali kangen water paling tidak selama sebulan atau 3 bulan sekali dengan metode seperti yang dijelaskan di atas.
*Citric acid
Citric acid atau asam sitrat diekstrak dari buah apel. Asam sitrat ini memiliki kemampuan untuk melarutkan cluster mineral seperti Ca (kalsium) dan Mg (magnesium).
Sebuah cara yang ideal dan aman dalam dalam membersihkan mesin ini yaitu mensirkulasikan air asam sitrat ke dalam mesin kangen water.
17. Bagaimana cara membersihkan mesin?
LeveLuk memiliki sistem pembersihan otomatis. Jumlah mineral pada air bahan baku yang digunakan seperti kalsium dan magnesium dapat berbeda-beda jumlahnya, dan cluster mineral* ini tak dapat dihindari akan melekat pada pelat elektroda. Meskipun demikian, mineral yang melekat ini dapat dilepaskan, dengan cara membalikkan arus (mengubah kutub +,-). Cluster mineral yang menempel pada pelat elektroda membuat penurunan kulitas kapasitas elektrolisis mesin, mengakibatkan kegagalan mesin dalam menghasilkan air alkali kangen water. Jumlah mineral yang menempel pada sel elektolisis bervariasi tergantung dari kuantitas mineral di dalam air bahan baku tsb.
Mekanisme pembersihan ototmatis mesin LeveLuk berlangsung selama 20 detik saat proses elektrolisis secara kontinyu mencapai waktu 15 menit. Saat menggunakan mesin leveluk di area dimana air memiliki kandungan mineral yang tinggi, ubahlah setting menjadi “Beauty Water” dan hidupkan aliran keran secara perlahan. Ini akan membuat pembalikan arus elektris dan membuang kristal yang menempel pada sel elektrolisis setelah 2-3 menit. Mengubah setting ke beauty water sekali sehari selama 30 detik merupakan cara lain untuk membersihkan sel elektrolisis. Fungsi pembersihan ini dibutuhkan untuk memaksimalkan usia dari sel elektrolisis.
*Mineral
Ca (kalsium), Mg (Magnesium), Na (Sodium), Ka (Potassium) dan nutrisi lainnya yang ditemukan pada makanan dan air. Mineral yang ditemukan pada air dikatakan sangat baik bagi kesehatan jika berada pada jumlah yang optimal.
18. Terjadi kebocoran pada bagian atas pipa fleksibel yang mengeluarkan acidic water saat diset pada mode beauty water. Bagaimana cara menghentikan kebocoran tersebut?
Sebelum mengalirkan air melalui pipa fleksibel, anda harus mengeluarkan scales* (mineral cluster) yang terperangkap pada Pelat Elektroda** dengan membalikkan Arus*** dengan kata lain mengganti arus elektris kutub positif dan negatif.

Hal ini penting untuk memproduksi acidic water. Dengan membuang scales dan mengalirkan acidic water melalui pipa fleksibel meskipun anda tidak sedang menggunakan acidic water, anda dapat menjaga pelat elektroda tetap bersih dan meningkatkan daya tahannya. Selain itu, dengan menggunakan bagian atas pipa fleksibel membuat mesin lebih mudah untuk digunakan, terutama jika anda membersihkan wajah anda atau menuangkan air ke dalam botol plastik.
*Scales
Ca, Mg, Na, Ka dan cluster mineral lainnya yang diproduksi saat air dielektrolisis. Cluster ini disebut scales dan tidak berbahaya jika dikonsumsi.
** Pelat Elektroda
Sebuah papan metal yang mengalirkan arus listrik selama proses elektrolisis. Papan ini terbuat dari titanium yang dilapisi platinum. Ia meimiliki kapasitas elektrolisis yang luar biasa dan ketahanan yang tinggi.
***Membalikkan Arus
Untuk mengelektrolisis air, arus kutub positif dan negatif haruslah jelas. Saat cluster mineral menempel pada pelat elektroda, dibutuhkan untuk membalikkan arus positif dan negatif untuk membuang cluster tersebut. Pada dasarnya hal ini seperti men-setting mesin dengan mode cleaning, sama halnya ketika mesin dijalankan dalam mode Beauty Water.
19. Apa yang terjadi jika tidak ada notifikasi penggantian filter meski telah berjalan setahun lebih?
Layar LCD pada mesin leveluk Kangen Water akan memberikan notifikasi saat total air yang telah diproduksi mencapai kapasitas 6000 liter. Microcomputer mengontrol mekanisme notifikasi ini, pastikan anda menekan tombol reset untuk mengaktifkan microcomputer saat anda mengganti filter dengan yang baru. Tombol reset terletak di bagian kanan atas dari ruang filter (di dalam cover hitam di samping kiri mesin). Tekan tombol tersebut sampai ia berbunyi “beep”. Microcomputer juga mengontrol informasi lain pada mesin kangen water, karena itulah sangat penting untuk menekan tombol reset.
20. Apa alat tambahan purifikasi lain yang bisa saya gunakan untuk mesin LeveLuk?
Enagic menyediakan berbagai variasi aksesoris opsional untuk memaksimalkan penggunaan mesin leveluk.
· Pipa/selang atas dan pipa bawah – meskipun tersedia ukuran panjang berapapun (dalam unit 40 inchi), pipa yang berukuran pendek akan lebih mudah untuk digunakan. Pipa yang dijual oleh Enagic memiliki fitur Anti Bakteri* yang membedakannya dengan produk di pasaran lainnya.
· Prefilter – berguna untuk membuang zat-zat asing seperti karat besi, kotoran, pasir dan terutama digunakan jika bahan baku anda berasal dari air sumur / air tanah. Prefilter ini juga berguna untuk membersihkan kapur dan membantu melindungi mesin.
*Lapisan Anti Bakteri
Semua bagian dari leveluk, terutama bagian-bagian yang mengalami kontak langsung dengan air dalam proses filtering, memiliki treatmen anti bakteri untuk menghidari dari segala jenis kontaminasi.
21. Apa perbedaan sel elektrolisis mesin Leveluk kangen water dibandingkan dengan perusahaan lain?
Prosedur elektrolisis air membutuhkan pelat elektrolisis berkualitas tinggi, dan ukuran, ketebalan dan jumlah pelat menjadi hal-hal yang paling utama dalam ketahanan suatu mesin ionsiasi air. Metode Jalur Silang Ganda* biasanya digunakan oleh perusahaan kompetitor. Dalam produk mereka, 2 sel elektrolisis yang berukuran kecil digunakan secara bergantian untuk menyediakan waktu istirahat bagi masing-masing sel elektrolisis, hal ini menyebabkan terbatasnya jumlah air yang bisa diproduksi dalam satu jangka waktu. Mesin leveluk kangen water dari Enagic di lain pihak memiliki 7 pelat elektrolisis, yang merupakan ukuran paling banyak di dunia industri mesin ionisasi air. Selain untuk menjaga ketahanan mesin melalui permukaan yang besar serta tebal, mesin kangen water juga bisa memproduksi air dalam jumlah yang banyak (maksimum Kangen Water®: 3-7,5 liter/menit).
Setiap fungsi, seperti, seperti penyediaan arus listrik berdasarkan setting tombol pH dan produksi acidic water tingkat tinggi pada sel elektrolisis yang sama, semuanya dikendalikan oleh microcomputer. Hal ini untuk memastikan bahwa mesin dapat digunakan dengan aman untuk jangka waktu yang lama. Kami merekomendasikan pada anda untuk memproduksi Beauty Water setiap hari sekali selama paling tidak 3 menit untuk meningkatkan daya tahan mesin.
*Metode jalur silang ganda
Juga dikatakan sebagai metode pergantian silang otomatis. Merupakan sebuah sistem elektrolisis dimana mesin dilengkapi dengan dua sel elektrolisis berukuran kecil untuk mempertahankan umur dengan menggunakan secara bergantian setiap sel elektrolisis saat produksi air berlangsung.
22. Bagaimana cara proses pengeringan otomatis bekerja?
Mesin LeveLuk Kangen Water dilengkapi dengan sistem pengeringan air otomatis yang mencegah kontaminasi dan berkembangbiaknya bakteri pada air sisa. Sistem pengeringan air otomatis teraktifasi ketika aliran air berhenti. Dibutuhkan waktu kira-kira selama 30 detik untuk semua air di dalam sel elektrolisis, filter dan semua sirkuit untuk dibuang melalui pipa bawah (berwarna abu-abu). Harap dicatat bahwa sistem pengeringan air otomatis aktif ketika ketinggianair menurun dan posisi spout lebih tinggi dibandingkan bagian dasar mesin dalam kasus apapun (contohnya saat anda mengumpulkan acidic water di baskom, menggantung pipa bawah di rak dikarenakan pipa tersebut kepanjangan) dapat berakibat gagalnya sistem pembuangan air sisa. Jika ada air sisa masih berada di dalam mesin dapat berakibat pada rasa dan bau air. Pastikan posisi selang bawah lebih rendah daripada mesin sebelum anda mematikan keran.

23. Pipa fleksibel tersendat saat mengalirkan air, apa yang harus saya lakukan?
Saat air bahan baku (dari keran ataupun dari sumber lain) memiliki kandungan mineral yang tinggi (kebanyakan terjadi jika sumber air anda adalah air tanah) sejumlah besar kristal terbentuk di dalam sel elektrolisis. Jika hal ini terus berlanjut, gumpalan kristan dapat menyumbat di jaring yang terdapat pada jalur pipa atas, mengakibatkan tersendatnya air yang keluar dari mesin. Untuk menghilangkan sumbatan ini, tusuk area yang tersumbat dengan menggunakan sebuah kawat kemudian tiupkan udara melalui salah satu ujung moncong pipa. Pastikan anda melepas pipa atas terlebih dahulu dari mesin leveluk saat anda melakukan prosedur ini.

24. Perubahan apa yang terjadi pada outlet kangen water sebagai hasil dari pengubahan mode produksi air?
Elektrolisis air menghasilkan kangen water (alkaline) pada kutub negatif dan acidic water pada kutub positif. Leveluk didesain agar pipa fleksibel (pipa atas) melekat pada bagian atas terhubung dengan sel elektrolisis negatif, sedangkan pipa / selang bawah (yang berwarna abu-abu), terhubung ke bagian dasar dari mesin leveuk, terkoneksi pada sel elektrolisis positif.

Berdasarkan hal inilah maka kangen water dan strong kangen water keluar melalui pipa atas sedangkan acidic water dan strong acidic water keluar melalui pipa bawah. Dari keempat mode air, hanya satu kondisi dimana hal ini terjadi kebalikannya yaitu pada saat menggunakan mode “Beauty Water”, yaitu pada mode ini arus elektrik berjalan sebaliknya, dikarenakan hal ini bertujuan untuk pembersihan, maka acidic water keluar melalui pipa atas sednagkan kangen water keluar melalui pipa bawah. Hanya ini satu-satunya saat dimana jenis air alkali dan air asam yang diproduksi, keluar pada sisi pipa yang berkebalikan. Dikarenakan mode acidic water ini mengubah kutub menjadi berkebalikan dari defaultnya, hal ini membuat tumpukan kristal kalsium yang melekat pada kutub negatif terlepas, sehingga mode beauty water ini dapat digunakan sebagai mode pembersihan manual.

25. Apa yang spesial dari sistem produksi strong acidic water dari mesin leveluk?
Secara tradisional, strong acidic water hanya dapat diproduksi menggunakan mesin berukuran besar untuk penggunaan suatu institusi tertentu (pada waktu itu strong acidic water disebut juga hyper acidic water). Perusahaan Enagic berpikir alangkah bagusnya jika untuk sanitasi, orang-orang dapat memproduksi sendiri strong acidic water di rumahnya masing-masing. Mesin leveluk kangen water menjadikan hal ini mugkin untuk memproduksi strong acidic water dan strong kangen water dalam jumlah yang cukup banyak di rumah mereka.
Pertanyaan Lain-Lain
26. Apakah yang dimaksud oxidation-reduction potential (ORP)?
Oxidation Reduction Potential (ORP)* atau dalam bahasa Indonesianya Potensi Reduksi Oksidasi adalah potensial elektris yang dibutuhkan untuk mengurangi atau memperlambat oksidasi seperti proses berkarat. Kangen Water memiliki ORP negatif yang diaktakan sangat baik, terutama untuk minum.
ORP adalah kekuatan untuk melakukan ikatan dengan kekuatan reduksi Active Oxygen (Oksigen Aktif)**, dan dapat diukur melalui suatu alat elektronik tertentu. Meskipun nilai negatif merupakan unsur utama dalam kekuatan deoksidasi, namun nilai sebenarnya dapat berbeda dari suatu daerah dengan daerah lain. Misalnya, di kota Osaka, air keran setelah diukur menggunakan ORP meter berada pada kisaran +580-600mV, namun setelah menggunakan mesin leveluk, pH-nya berubah menjadi pH 9.5 dan tercatat nilai ORP nya menjadi ideal yaitu sebesar -150mV sampai -400mV. Saat air keran bahan baku mengalami peningkatan ORP, hasil ORP kangen water pun juga mengalami peningkatan sesuai dengan kondisi air keran tersebut. Dalam kepulauan di Jepang, mesin leveluk sanggup menjadikan air sehingga memiliki ORP negatif dengan pH 9.5 meskipun air keran bahan baku tersebut awalnya mencatat level positif ORP yang sangat tinggi.
*Oxidation-reduction potential (ORP) / Potensi Reduksi Oksidasi
Potensi Elektris yang dibutuhkan untuk mengurangi atau memperlambat proses pengkaratan atau pembusukan (oksidasi). Proses ini dikenal juga dengan sebutan deoksidasi. ODR (Oxygen Diffusion Rate) merupakan ukuran dalam istilah mVs negatif. Level ODR untuk tubuh manusia dikatakan berkisar antara -150mV sampai -400mV.
**Active oxygen / Oksigen Aktif
Dikenal juga dengan sebutan Radikal Bebas. Secara medis diketahui masuk ke dalam tubuh manusia ketika seseorang melakukan aktifitas sehari-hari atau pola makan yang tidak sehat maupun ketika merasa stress. Ini merupakan tipe oksigen yang menyebabkan penyakit dan penuaan dini. Menjaga tubuh anda tetap sehat akan membatasi jenis oksigen ini masuk ke dalam tubuh!
27. Apa itu “calcium addition”?
Pada zaman dahlulu, kepulauan di Jepang terhubung dengan pulau yang sekarang disebut negara China. Kemudian ratusan tahun berlalu dan kedua pulau ini terpisah dan mengapung ke arah Lautan Pasifik. Tanah di Jepang pada masa itu bersifat asam, dan dikarenakan terdapat banyak gunung berapi di sepanjang Laut Jepang, tanahnya masih tetap bersifat asam, dan tidak menjadi netral atau alkaline. Sebagai hasilnya, air yang mengarah ke Laut Jepang bersifat lebih asam dibandingakan air yang mengarah ke Lautan Pasifik. Meskipun air asam, yang dikenal memiliki Efek Astringent*, yang sangat bagus bagi kulit jika digunakan sehari-hari atau untuk perawatan wajah, namun air ini tidak cocok untuk diminum. Bahkan meskipun air ini dielektrolisis, ia tidak bisa menghasilkan air dengan level pH standar. Namun demikian, air jenis ini masih lebih mending untuk dikonsumsi jika dibandingkan air yang tidak dielektrolisis sama sekali. Gunakan Alat pengukur ORP untuk melihat hasilnya sendiri seandainya perlu ditambhakan Calcium Glycerophospahte** ke dalam air. Dengan melakukan hal ini, level pH dapat ditingkatkan dalam interval 0.5. Kami merekomendasikan bagi orang-orang yang tinggal di daerah yang berada pada pesisir Laut Jepang untuk menambahkan kalsium ini pada airnya.
**Efek Astringent
Acidic water memiliki sedikit kandungan ion klorin yang memiliki efek Astringent. Air jenis ini sangat bagus sekali untuk mempercantik kulit anda.
**Calcium glycerophosphate (Calcium powder)
Jika level pH tidak meningkat meskipun airnya telah dielektrolisis (terutama jika anda menggunakan air tanah atau air keran yang berada di area Laut Jepang), penambahan calcium powder akan meningkatkan level pH.
28. Kenapa warna kangen water tidak berubah menjadi biru (ungu) saat ditetesi pH tester?
Kangen Water yang meski telah diset ke pH 9.5 namun setelah ditest menggunakan pH tester menghasilkan warna kuning ataupun hijau (alias netral) biasanya disebabkan jika air bahan baku yang digunakan adalah air tanah. Meskipun hasil yang terjadi adalah berwarna hijau (alias netral) namun jika air tersebut telah melewati proses elektrolisis, maka ia masih memiliki manfaat yang terkandung dalam kangen water. Adapun warna yang tetap menjadi kuning/hijau ini disebabkan karena karbon dioksida di dalam air tanah, yang dihasilkan dari dekomposi / proses pembusukan zat-zat organik. Karbon dioksida yang telah terlarut di dalam air menjadikan air tersebut asam. Air yang mengandung karbon dioksida bisa dielektrolisis, namun demikian, karbon dioksida tersebut dinetralkan selama proses elektrolisis, karena itulah saat air hasil elektrolisis ditest menggunakan pH tester maka hasilnya berwarna hijau. Dengan membuang karbon dioksida dari kangen water akan menghasilkan air yang berwarna biru saat ditest dengan pH tester.

Saat anda mengukur pH menggunakan pH tester, coba lakukan percobaan dengan meneteskan pH tester ini beberapa tetes ke dalam tabung kecil, lalu tuangkan kangen water yang masih fresh (alias baru dibuat) ke dalam tabung kecil tersebut. Jika anda melihat hasil kangen water pada awalnya berwarna biru, kemudian berubah menjadi kuning, itu tandanya air bahan baku anda mengandung karbondioksida.
29. Ada zat kecil berwarna keputihan mengambang di kangen water, apa itu?
Air keran anda mengandung mineral. Terutama jika anda bertempat tinggal di sisi pasifik Jepang, termasuk Okinawa, daratan bersifat lebih alkaline dan mineral yang terkristalisasi pada pelat elektrolisis saat memproses kangen water, ada yang terjatuh masuk ke dalam air. Meskipun kristalisasi mineral ini terlihat seperti zat asing, namun tidak berbahaya jika anda minum cluster mineral tersebut. Untuk mencegah cluster mineral jatuh ke dalam air, kami merekomendasikan anda untuk menyetel mesin kangen water anda ke mode Beauty Water (yang menjalankan mode arus berkebalikan dari mode kangen water) dan melakukannya selama 3-4 menit, 2 kali dalam sehari. Dikarenakan Causatic Lime* yang ada di Okinawa, kami merekomendasikan bagi anda yang tinggal di daerah ini untuk menggunakan Prefilter** (dijual terpisah). Tergantung dari situasinya, dianjurkan untuk menggunakan kedua filter bersama-sama. Saat cluster mineral menempel pada wadah aluminium atau anodized aluminium***, warnanya akan berubah menjadi coklat dan menjadi susah untuk dilepaskan. Karena itu disarankan untuk tidak menggunakan wadah yang berbahan aluminum atau anodized aluminium untuk menampung air kangen water anda.
*Caustic lime
Okinawa berada di atas batu karang. Sebagai hasilnya, air yang ada di okinawa memiliki kandungan mineral yang tinggi.
**Pre-filter
Filter yang digunakan pada kondisi dimana air bahan baku memiliki kandungan air tanah yang tinggi atau memiliki substansi kimia. Filter yang transparan memudahkan untuk mengetahui kapan saatnya filter tersebut perlu diganti.
***Anodized aluminum
Bahan dari aluminum alloy yang biasanya digunakan sebagai perabot rumah tangga.
30. Apa hubungan antara oxidation-reduction potential (ORP) dan pH?
Oxidization Reduction Potential alias ORP adalah potensial elektris yang dibutuhkan untuk mengurangi atau memperlambat proses berkarat atau pembusukan (oksidasi). ORP juga melambangkan kapasitas reduksi yang menarik oksigen aktif. Nilai yang optimum pada tubuh manusia berkisar antara -150 sampai -400mV. ORP berhubungan dekat dengan level pH. Saat pH meningkat, maka ORP juga meningkat. Meningkatkan ORP melalui proses elektrolisis juga merupakan hal yang dapat dilakukan. Nilainya tergantung dari sumber air bahan baku yang digunakan. Nilai ORP yang ideal tidak bisa dicapai jika air bahan baku tersebut memiliki pH kurang dari 7.0. Pastikan anda meneliti terlebih dahulu kandungan yang terdapat pada air bahan baku anda, jika tidak, ada kemungkinan akan muncul error yang tidak dapat dijelaskan.
31. Apakah zat yang tampak seperti kabut keputihan pada kangen water?
Kabut keputihan yang tampak pada kangen water merupakan gas hidrogen yang dilepaskan melalui proses elektrolisis, dan ini bukanlah masalah. Jika anda mendiamkan gelasnya selama beberapa saat, kabut keputihan tersebut akan lenyap.

Sebuah penelitian yang memfokuskan pada “hidrogen terlarut yang dilepaskan melalui proses elektrolisis air” dipresentasikan di The Japan Functional Water Association Meeting* pada akhir December of 2002. Dilaporkan bahwa kangen water efektif untuk mengontrol oksidasi dari lipid (senyawa organik yang tidak larut dalam air) di dalam tubuh. selain itu dilaporkan juga bahwa Hidrogen Terlarut** dalam keadaan Colloidal*** memiliki level aktifitas lebih tinggi dibandingakan Hidrogen Aktif (Active Hydrogen)**** yang diproduksi dari reaksi instant. Berdasarkan laporan inilah, pengumpulan data yang lebih banyak dan analisis kajian lebih mendalam diperkenalkan.
*The Japan Functional Water Association Meeting
The Japan Functional Water Association Workshop diadakan 13 September 2002. Kemudian pada bulan Desember di tahun yang sama, untuk pertamakalinya Japan Functional Water Association Academic Convention diselenggarakan di Tokyo.
**Hidrogen Terlarut
Lebih sering diukur menggunakan diaphragm polalograph-type dissolved hydrogen electrode. Daya kelarutan dari Hidrogen Terlarut sekitar 1.5mg/L.
***Colloidal
Partikel yang memiliki Berat Moelkul yang Rendah (colloidal) yang tersebar dalam cairan. Setiap Partikelnya berukuran 1m dan 0.1. Mayoritas substansi yang menjadikan suatu organisme merupakan colloidal dan memiliki pergerakan yang kompleks.
****Hidrogen Aktif (Active hydrogen)
Professor Sanetaka SHIRAHATA dari Kyushu University mengumumkan tentang “active hydrogen deoxidized water
theory” (Teori Air Deoksidasi yang mengandung Hidrogen Aktif) dalam membuang hidrogen aktif di dalam Kangen water. Lingkungan akademik yang berhubungan dengan hal ini berdebat mengenai pakah hidrogen aktif ada dalam kondisi yang stabil, yang menjadikan radikal bebas menjadi tidak stabil.
32. Bisakah lelveluk digunakan di negara lain?
LeveLuk dibuat untuk digunakan di Amerika, Saat menggunakan mesin ini di negara lain, harus diadakan penyesuaian dengan daya listriknya (110V-240V) serta terhadap kualitas air di negara tersebut. Dikarenakan ada beberapa negara yang memperbolehkan anda minum langsung dari keran air, ada banyak air di negara tersebut yang memiliki kandunganan kalsium yang teramat tinggi, kami menyarankan untuk menggunakan filter tambahan yang disesuaikan untuk negara anda. Ada banyak prosedur yang perlu dilakukan untuk mengeksor barang-barang ke luar negeri, namun jika ditujukan untuk penggunaan individual di luar negeri, maka hal ini bukanlah masalah.
33. Apa ada hal yang harus diperhatikan jika menggunakan leveluk di negara yang beriklim dingin?
LeveLuk didesain untuk dapat digunakan di mana saja, akan tetapi harus diberikan perhatian lebih khusus jika digunakan pada negara yang beriklim dingin, terutama mengenai bagaimana cara agar mesin tidak membeku saat musim dingin tiba. Saat anda mematikan mesin, Leveluk akan mengaktifkan sistem pengeringan otomatis yang akan mengeringkan air sisa melalui pipa abu-abu, sehingga memastikan tidak ada air yang tersisa di dalam mesin. Meskipun belum pernah ada laporan mengenai kerusakan oleh karena beku, jika anda membuat acidic water tertinggal di dalam mesin dengan sengaja yaitu dengan mengangkat pipa abu-abu (pipa bawah) lebih tinggi dari bagian bawah mesin dikarenakan ruangan tempat menaruh mesin yang sempit, maka hal ini akan menyebabkan sistem pengeringan otomatis menjadi tidak bekerja, dan air sisa yang tertinggal di dalam mesin akan menjadi beku, sehingga dapat mengakibatkan kerusakan. Selalu pastikan agar posisi pipa bawah (selang berwarna abu-abu) tersebut letaknya selalu lebih rendah dibandingkan bagian dasar mesin Leveluk Kangen Water anda.

Yahoo MessengerWhatsAppLineBlogger PostDiggGoogle GmailLinkedInFacebookPlurkTwitterGoogle+FlipboardKakaoPrintInstapaperShare/Bookmark

Leave a Reply